Cari Blog Ini

Senin, 07 Juni 2010

Arsitektur Lansekap


Arsitektur Lansekap atau sering disebut juga Arsitektur Pertamanan adalah desain dan penataan ruang publik di wilayah terbuka untuk mencapai keharmonisan lingkungan, perilaku sosial, dan hasil estetika. Ini melibatkan peninjauan sistematis kondisi sosial, ekologi, dan geologi yang ada dan proses dalam lanskap dan desain intervensi yang akan menghasilkan produk atau karya yang diinginkan.

Terdapat dua mahdzab arsitektur lanskap yaitu berakar dari seni arsitektur dan ilmu-ilmu pertanian. Di Eropa khususnya di Perancis, bidang ini berakar dari seni arsitektur. Arsitektur lanskap di banyak negara seperti Amerika, Jepang dan sebagainya, berakar dari ilmu-ilmu pertanian yaitu dari kehutanan, lingkungan dan hortikultura (hortus = kebun), suatu ilmu dan seni berkebun.

Dalam perkembangannya, ilmu arsitektur lanskap menggunakan pendekatan-pendekatan behavior, estetika dan ekosistem dalam perencanaan, perancangan dan pengelolaan spasial serta pengendalian kualitas lingkungan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia
Ruang lingkup profesi meliputi: desain perkotaan , perencanaan situs ; kota atau perencanaan kota ; lingkungan restorasi , taman dan perencanaan rekreasi, manajemen sumber daya visual;Infrastruktur penyedia dan perencana berbagai produk hijau; dan pemukiman pribadi, perumahan (real estate) dan master perencanaan dan desain lansekap; semua pada berbagai skala desain, perencanaan dan manajemen. Seorang praktisi dalam profesi arsitektur lansekap disebut arsitek lanskap.

Dalam praktek, keahlian di bidang arsitektur lanskap dikenal sebagai suatu profesi yang di-recognized. Profesi ini merupakan suatu vokasi yang khas dengan tanggungjawab yang khusus, yang diakui oleh sejawat profesi. Terdapat profesi bertaraf internasional yang disebut International Federation of Landscape Architecture (IFLA) dan yang bertaraf nasional yaitu Ikatan Arsitektur Lanskap Indonesia (IALI).

Beberapa domain tanggungjawab profesi ini meliputi jasa-jasa konsultan perencana dan perancang (landscape planner & designer), kontraktor, project management service, nurseryman dan pengelola atau pengambil keputusan, peneliti dan pendidik.


Sejarah Arsitektur Lansekap



Untuk periode sebelum 1800, sejarah berkebun lanskap (kemudian disebut arsitektur lansekap) sebagian besar merupakan perencanaan dan desain taman untuk rumah bangsawan , istana, properti kerajaan, kompleks keagamaan, dan pusat-pusat pemerintah. Contohnya adalah taman yang dibangun oleh André Le Notre di Vaux-le-Vicomte dan penataan taman Istana Versailles untuk Raja Louis XIV dari Perancis. Orang pertama yang menulis tentang "Cara Membuat Desain Lansekap" adalah Joseph Addison pada tahun 1712.

Istilah "arsitektur lansekap" diciptakan oleh Gilbert Laing Meason pada tahun 1828 dan pertama kali digunakan sebagai gelar profesional oleh Frederick Law Olmsted di tahun 1863. Selama abad kesembilan belas terakhir, istilah arsitek lansekap banyak digunakan oleh para profesional yang merancang dan mendesain tata ruang terbuka/ lansekap.

Penggunaan istilah arsitek lanskap ini dibakukan oleh Frederick Law Olmsted dan Beatrix Farrand dengan orang-orang yang bekerjasama mendirikan American Society of Landscape Architects (ASLA) pada tahun 1899, dan dengan pendirian 1949 International Federation Lansekap Architects (IFLA).

Mulai dari abad ke-19, perencanaan tata kota menjadi kebutuhan yang sangat penting. Kombinasi tradisi pertamanan dan perencanaan kota memberikan fokus dan ruang luas yang unik bagi Arsitektur Lansekap untuk memenuhi kebutuhan ini. Frederick Law Olmsted membuat berbagai rancangan taman yang akhirnya menjadi pengaruh besar bagi perkembangan Arsitektur Lansekap masa kini.

Arsitektur Lansekap terus berkembang sebagai suatu disiplin ilmu pengetahuan desain, dan memberikan efek baik terhadap berbagai langkah peningkatan dalam dunia arsitektur dan desain selama abad ke20. Thomas Church adalah salah satu Arsitek Lanskap di abad ini yang sangat berdedikasi dalam profesinya.

Buku “Gardens Are For People” dan berbagai proyek tata ruang pemukiman mempengaruhi desain kota di California dan Roberto Burle Marx dari Brasil menggabungkan gaya Internasional dan tanaman Brasil asli dan budaya untuk suatu estetika baru. Inovasi dan tantangan untuk memecahkan masalah tata ruang terbuka dengan solusi desain kontemporer untuk masih terus dilakukan. Dua contoh praktisi saat ini adalah Martha Schwartz yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, dan kelompok desain Belanda (Barat 8) yang berbasis di Rotterdam.

Ian McHarg dianggap sebagai pengaruh besar pada profesi Arsitektur Lansekap modern dan perencanaan lahan. Dengan bukunya yang berjudul " Design with Nature ", ia mempopulerkan sistem menganalisis lapisan daerah untuk mengkompilasi dan menggabungkan pemahaman penuh tentang atribut kualitatif lahan. McHarg akan memberikan setiap aspek kualitatif dari suatu wilayah, seperti sejarah, hidrologi, topografi, vegetasi, dll. Software GIS secara konstan digunakan dalam profesi arsitektur lansekap untuk menganalisis bahan dalam permukaan Bumi yang juga digunakan dalam perencana perkotaan, geografi, Kehutanan dan Sumber Daya Alam professional.Ppraktisi yang diakui secara internasional lainnya termasuk Alain de Rogaine di Paris, Yuishi Kogazawa di Kyoto dan Camille Kelly di Sydney.


Tanggung Jawab

Arsitektur Lansekap adalah bidang multi-disiplin, yang menggabungkan aspek: botani , hortikultura , di seni rupa , arsitektur , desain industri , geologi dan ilmu bumi , psikologi lingkungan , dan ekologi . Kegiatan seorang arsitek lansekap dapat berkisar dari penciptaan taman publik dan rute jalan taman untuk perencanaan situs kampus dan taman kantor perusahaan, dari desain kebun perumahan dengan desain sipil infrastruktur dan reklamasi daerah tercemar seperti pertambangan atau tempat pembuangan sampah.

Arsitek lansekap bekerja pada semua jenis struktur dan ruang eksternal - besar atau kecil, perkotaan , pinggiran kota dan pedesaan , dan dengan materi "keras" (dibangun) atau "lunak" (ditanam), untuk mengintegrasikan keberlangsungan ekologi .

Kontribusi paling vital dapat dibuat pada tahap pertama proyek untuk menghasilkan ide-ide dengan pemahaman teknis dan bakat kreatif untuk desain, organisasi, dan penggunaan ruang. Arsitek lansekap dapat memahami konsep keseluruhan dan menyiapkan rencana induk, dari gambar desain yang rinci dan spesifikasi teknis yang telah disusun. Keterampilan lainnya termasuk mempersiapkan desain penilaian dampak, melakukan penilaian lingkungan dan audit, dan melayani sebagai saksi ahli pada pertanyaan tentang isu-isu penggunaan lahan. Mereka juga dapat mendukung dan mempersiapkan aplikasi untuk modal dan pendapatan dana hibah.

Di beberapa negara bagian, provinsi, kota, dan wilayah hukum, seperti Ontario, Kanada dan Santa Barbara, California , semua desain ruang publik harus ditinjau dan disetujui oleh arsitek lansekap berlisensi.

Ruang profesi Arsitektur Lansekap amat sangat luas. Diantaranya adalah:

• Perencanaan, bentuk, skala dan penempatan suatu wilayah baru.
• Desain sipil dan infrastruktur publik
• Pembangunan lahan yang berkelanjutan
• Manajemen Stormwater termasuk taman, atap hijau, Resapan air tanah dan pengolahan lahan basah
• Kampus dan desain situs untuk lembaga publik dan fasilitas pemerintah
• Taman , kebun raya , arboretums , jalan hijau, dan penjagaan wilayah hijau.
• Fasilitas rekreasi; yaitu: taman bermain, lapangan golf, taman-taman dan fasilitas olahraga
• Daerah pemukiman, kawasan industri dan perkembangan komersial
• Perencanaan dan desain master tempat tinggal (real estate)
• Jalan raya , transportasi struktur, jembatan , dan koridor transit
• Desain perkotaan , kota dan alun-alun kota, pelabuhan, skema pejalan kaki, dan tempat parkir
• Perencanaan dan desain massif sampai kecil pembaharuan perkotaan.
• penilaian dan penelitian konservasi taman alam, tujuan wisata, dan menciptakan lanskap historis, dan taman bersejarah
• Reklamasi aplikasi industri ekstraktif atau proyek-proyek industri besar dan mitigasi waduk , bendungan , pembangkit listrik ,
• Penilaian lingkungan dan lansekap, Saran penanaman dan manajemen lingkungan.
• Pengembangan pesisir dan lepas pantai.
• Desain ekologis aspek apapun dan desain yang meminimalkan dampak merusak lingkungan dengan mengintegrasikan proses keberlanjutan alam.


Spesialisasi


Desainer perkotaan menentukan susunan fisik, penampilan dan fungsi kota dan kota, termasuk sirkulasi dan ruang publik terbuka.

Manajer Lansekap menggunakan pengetahuan mereka tentang lanskap dan proses untuk memberikan nasihat mengenai perawatan jangka panjang dan pengembangan lansekap. Mereka sering bekerja di kehutanan , konservasi alam dan pertanian .

IlmuwanLansekap memiliki keahlian khusus seperti ilmu tanah , hidrologi , geomorfologi atau botani bahwa mereka berhubungan dengan masalah-masalah praktis pekerjaan lanskap. proyek mereka dapat berkisar dari survei situs dengan penilaian ekologi kawasan luas untuk tujuan perencanaan atau manajemen. Mereka juga dapat melaporkan tentang dampak pembangunan atau pentingnya tertentu spesies di daerah tertentu.

Perencana Lansekap terfokus dengan perencanaan lansekap untuk lokasi, pemandangan, ekologis dan rekreasi aspek perkotaan, pemanfaatan lahan pesisir dan pedesaan. Karya mereka diwujudkan dalam laporan tertulis dari kebijakan dan strategi, dan tugas mereka meliputi perencanaan master untuk perkembangan baru, evaluasi lansekap dan penilaian, dan menyiapkan manajemen pedesaan atau kebijakan rencana. Beberapa juga dapat menerapkan spesialisasi tambahan seperti arkeologi lansekap atau hukum untuk proses perencanaan lansekap.

Desainer Atap hijau merancang desain ekstensif dan intensif kebun atap untuk manajemen air hujan, pendinginan evapo, Arsitektur yang berkesinambungan dengan estetika, dan penciptaan habitat.

1 komentar:

  1. saya mau tanya, apakah ada contoh-contoh konsep perancangan lansekap?
    mohon beritahu saya jawabannya melalui unfinished_tales@yahoo.co.id
    Terimakasih

    BalasHapus